Mengenal Jasa Pengiriman Barang Berat

Jasa pengiriman barang berat

Pak Budi adalah juragan buah jeruk asal Banyuwangi. Suatu hari, Pak Budi ingin mengirim 50 peti buah jeruk dari Kota Banyuwangi ke Lampung. Setiap peti berisi jeruk memiliki berat sekitar 20 Kg. Pengiriman ini harus dilakukan dengan cepat, agar dapat sampai di Lampung tanpa ada buah yang busuk. Apa langkah terbaik yang bisa dilakukan Pak Budi? Jawabannya adalah mengirim 50 peti jeruk tersebut menggunakan jasa pengiriman barang.

Jasa pengiriman barang yang dipakai disini bukan perusahaan kirim barang ekspress yang biasa digunakan untuk mengirim paketan seperti buku, atau pakaian, tetapi dalam bentuk jenis barang berat. Jasa pengiriman barang berat adalah sebuah layanan pengiriman barang yang khusus mengirim barang berat. Jasa pengiriman ini biasanya memberikan batasan berat barang yang dikirim, yaitu 10 Kg, 50, atau 100 Kg. Armada yang digunakan dalam pengiriman barang berat bermacam-macam, mulai dari truk engkel kapasitas 4 ton, truk colt diesel Double kapasitas 7 Ton, truk tronton kapasitas 10 ton, container kapasitas 18 ton, hingga trailer kapasitas 20 ton.

4 Jenis layanan pengiriman barang berat

Untuk pengiriman barang berat antar pulau bisa dilakukan melalui jalur laut menggunakan kapal feri, atau lewat jalur udara menggunakan pesawat. Layanan pengiriman barang berat biasanya melayani 4 jenis layanan, yaitu door to door, port to port, door to port, dan port to door. 

Layanan door to door

Layanan door to door adalah layanan pengiriman barang yang dilakukan dari pintu ke pintu. Konsumen menghubungi pihak penyedia jasa pengiriman barang dan menyebutkan detail barang yang akan dikirim, alamat konsumen dan alamat tujuannya. Pihak jasa pengiriman akan mendatangi lokasi konsumen dan mengantarkannya ke alamat tujuan. Layanan jenis ini tidak banyak dijumpai pada pengiriman barang berat karena cukup beresiko.

Layanan port to port

Layanan port to port adalah layanan pengiriman barang dari kantor cabang terdekat ke kantor cabang kota tujuan. Apabila menggunakan layanan ini, konsumen harus mengantar barang yang akan dikirim ke kantor cabang jasa pengiriman barang terdekat, dan penerima harus mengambilnya di kantor cabang kota penerima.

Layanan door to port

Layanan door to port adalah layanan pengiriman dimana penyedia jasa pengiriman akan menjemput barang yang akan dikirim, lalu mengirimkannya sampai ke kantor cabang kota tujuan. Apabila menggunakan layanan ini, penerima harus mengambil barang yang dikirim di kantor cabang jasa layanan pengiriman kota tujuan.

Layanan port to door

Layanan port to door adalah layanan pengiriman dimana penyedia jasa pengiriman barang mengantarkan barang dari kantor ke alamat tujuan pengiriman. Untuk memakai layanan ini, konsumen harus mengantarkan barangnya ke kantor cabang jasa pengiriman terdekat.

Itulah 4 layanan yang bisa ditawarkan jasa pengiriman barang berat. Untuk mengirim barang berat Anda bisa menggunakan jasa Sentral Cargo, yang juga menawarkan jasa pengiriman barang 1 hari sampai, sehingga buah yang dikirim tetap dalam keadaan baik ketika sampai di kota tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *