Jenis-Jenis Pengiriman Barang Via Cargo Udara

Pengiriman barang via cargo – Setiap barang yang dikirim menggunakan jalur udara dengan memanfaatkan armada pesawat terbang disebut dengan cargo udara. Perlu diketahui, setiap barang yang dikirimkan melalui cargo udara umumnya dilengkapi dengan beberapa dokumen seperti Air Way Bill (AWB) atau Surat Muatan Udara (SMU) serta lainnya. Cargo udara memang menjadi salah satu produk dari sebuah maskapai penerbangan dan juga menjadi sumber pendapatanya, disamping pendapatan dari para penumpangnya. Berbicara mengenai jasa pengiriman barang via cargo udara umumnya diklasifikasikan menjadi 3 bagian utama yaitu:

General Cargo

General cargo atau kargo umum merupakan salah satu jenis barang yang dikirimkan melalui udara, dimana barang tersebut tidak membahayakan dan juga tidak mudah rusak, baik itu busuk, layu maupun mati. Jenis pengiriman cargo ini tidak membutuhkan penanganan khusus, asalkan memenuhi persyaratan pengangkutan sesuai ketentuan yang berlaku maka barang yang akan Anda kirimkan akan langsung ditampung dalam ruangan pesawat. Baca juga tentang jasa pengiriman barang paling cepat.

jasa pengiriman barang via Sentral Cargo udara darat laut seluruh Indonesia

Spesial Cargo

Special cargo atau juga disebut dengan kargo khusus merupakan jenis barang kiriman melalui udara, dimana barang kiriman tersebut akan membutuhkan penanganan khusus untuk pengiriman, baik itu saat mengirimkan barang, pengangkutan hingga penerimaan barang. Perlu diketahui, sebenarnya ada beberapa jenis pengiriman barang via cargo khusus yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Valuable Goods 

Valuable goods merupakan kiriman khusus yang tidak terlalu berat, namun juga mempunyai nilai yang sangat tinggi. Beberapa jenis kiriman valuable goods yaitu emas, berlian, platina, intan, cek, giro dan masih banyak lainnya.

  • Perishable Goods 

Perishable goods merupakan kiriman khusus yang terbilang mudah rusak, hancur dan busuk, seperti telur, daging, buah-buahan, ikan, bunga, sayuran hingga bibit tanaman.

  • Strongly Smelling Goods

Strongly smelling goods merupakan jenis barang kiriman khusus dengan ciri khas berbau menyengat. Beberapa barang kiriman yang termasuk dalam kategori inilah seperti durian, minyak wangi, minyak kayu putih dan benda-benda beraroma kuat lainnya.

  • Diplomatic Pounch 

Diplomatic pounch merupakan kiriman khusus yang sifatnya diplomatic.

  • Live Animal 

Live animal adalah kiriman barang khusus yang memuat hewan-hewan hidup seperti kelinci, ikan, ayam, kucing, burung dan hewan peliharaan lainnya.

  • Human Remain

Human remain merupakan kargo khusus yang membuat jenazah manusia, baik jenazah dibakar (dikremasi) yang dikemas dalam kotak atau di dalam guci, serta jenazah yang masih berwujud dan diangkut menggunakan peti mati.

Dangerous Goods

Dangerous goods merupakan jenis cargo udara yang sifatnya membahayakan kesehatan dan keselamatan dalam penerbangan. Beberapa jenis barang yang termasuk dalam kategori dangerous goods ialah seperti:

  1. Grasse (RPG): Barang yang mudah menguap seperti butane, propane dan hydrogen.
  2. Explosive Goods: barang kiriman yang mudah meledak seperti peluru, petasan, kembang api, mesiu dan sebagainya.
  3. Flammable Solids: Barang berbentuk zat cair dan mudah terbakar seperti varnish, alkohol dan certain paints.
  4. Toxic (RPB) dan Infection Subtances: barang yang mengandung racun, seperti sianida, pestisida, bakteri dan virus hidup serta lainnya.
  5. Oxidizing Substances dan Organic Peroxide: barang yang mudah menguap jika dihirup manusia serta bisa menimbulkan efek pusing dan mengantuk, seperti calsium chlorate serta ammonium nitrate.

Itulah beberapa jenis pengiriman barang melalui cargo udara yang wajib Anda ketahui. Dengan begitu Anda lebih mudah dan cepat dalam pengiriman barang via cargo termurah udara, karena Anda sudah mengetahui jenis kiriman barang yang ingin dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *