Ketahui 4 Hal Tentang Ekspedisi Laut dan Kelebihannya

Ada tiga jenis jalur ekspedisi yang tentu sudah umum diketahui. Ketiga jalur tersebut adalah ekspedisi darat, udara, dan jalur laut. Nah, di antara tiga jenis jalur untuk pengiriman, nyatanya pengiriman jalur laut punya keunggulan tersendiri, lho.

Keunggulan pertama adalah biaya pengirimannya yang lebih murah. Tak hanya itu saja, kapasitas angkutnya juga tinggi, sehingga menjadi faktor pendorong mengapa banyak orang yang menggunakan jasa ekspedisi jalur laut.

Semua mode penyampaian ini didasarkan pada beberapa aspek. Beberapa hal tersebut adalah aksesibilitas, volume kargo, dan waktu transit. Semuanya dipertimbangkan sebelum bisnis memilih transportasi laut. Untuk urusan impor barang, jenis layanan ini membantu importir dan bisnis retail. Selain hal di atas, masih banyak lagi keuntungan menggunakan jasa pengiriman melalui laut.

  1. Biaya pengiriman yang lebih rurah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, biaya pengiriman melalui ekspedisi lauta lebih murah jika dibandingkan dengan biaya atau ongkos pengiriman melalui jalur lain. Memang diakui bahwa masalah biaya seringkali menjadi pertimbangan penting bagi banyak orang sebelum memilih untuk pengiriman barang lewat apa.

Terlebih untuk pengiriman barang dari dan ke luar negeri, kamu bisa memilih untuk menggunakan jasa pengiriman laut. Akan tetapi jika kamu perlu mengirimkan barang dengan cepat, maka ekspedisi laut bukanlah pilihan yang tepat.

  1. Ruang kargo lebih banyak

Ekspedisi jalur laut juga membawa keuntungan lain, yakni ketersediaan ruang kargo yang lebih banyak. Ruang cargo adalah salah satu faktor penting yang harus kamu pastikan sebelum memilih jenis layanan pengiriman.

Jika kamu hendak mengirim barang dengan volume yang besar, maka ekspedisi laut adalah solusinya. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena transportasi laut memiliki lebih banyak ruang di dalamnya. Layanan ekspedisi laut menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal ruang, dimensi, serta berat barang. Kamu bisa mengirim seluruh jenis barang dengan berbagai ukuran dan berat melalui ekspedisi laut.

  1. Fleksibel dalam menerima jenis barang

Poin keunggulan berikutnya dari ekspedisi laut adalah fleksibilitasnya dalam menerima jenis barang yang bisa dikirim. Pengiriman barang lewat jalur laut dapat menerima barang sebagai berikut:

  1. Cairan kimia
  2. Barang yang mudah meledak
  3. Barang elektronik besar dan baterai aktif
  4. Ada 2 jalur perjalanan kapal

 

Umumnya, kapal barang memiliki dua jalur yaitu Linear dan Tramper. Pada kapal dengan rute linier, selalu diatur soal biaya, tujuan, serta jadwal tetap perjalanan. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan perkiraan waktu dan biaya pengiriman. Kemudian jika kapalnya memiliki jalur tramper, maka jadwal, tujuan, dan biaya selalu berubah. Perubahan tersebut biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor selama perjalanan barang.

  1. Melayani pengiriman ke penjuru Indonesia melalui Sentral Cargo

Sentral Cargo, dalam ekspedisi laut sudah menjalin kerja sama dengan kapal Pelni dan kapal kapal Roro. Armada yang digunakan sudah dilengkapi dengan sistem segel keamanan dan Global Positioning System atau GPS. Fitur inilah yang menjadikan Sentral Cargo sebagai ekspedisi dengan tarif murah, namun tentu saja tidak murahan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pengiriman barang atau ekspedisi via jalur laut. Apabila kamu menggunakan layanan ekspedisi laut, maka akan sangat menguntungkan. Terlebih jika kamu memilih Sentral Cargo sebagai ekspedisi andalan. Sentral cargo sudah terpercaya, berpengalaman, dan tentu saja aman.

Recommended For You