Connect with us

Sentral Cargo Blog

Ekspedisi

5 Tips dan Cara Packing Makanan

Bagi kamu yang bermaksud mengirim barang dalam bentuk makanan, perlu perhatian khusus dalam mengemasnya. Packing makanan beragam tergantung jenisnya. Pada umumnya, packing makanan dilakukan sesuai teksur makanan. Jika, bertekstur basah, maka packing harus dilakukan secara detil. Ada banyak cara dalam melakukan packing makanan. Berikut adalah beberapa cara dalam packing makanan agar aman sampai tempat tujuan:

Cara Packing Makanan yang Gampang Alot

Makanan yang mudah alot seperti kue kering dan kerupuk akan mudah alot sebab udara yang masuk jika tidak rapat dalam pengemasannya. Maka, perlu diperhatikan packingnya dengan cara di bawah ini:
1. Memastikan tidak masuk udara. Perlu mengemas makanan yang mudah alot dalam kemasan kedap udara seperti plastik pouch yang bersegel yang memilki kedap udara yang baik.
2. Packing dengan kotak. Setelah memastikan kemasan paket makanan kedap udara, selanjutnya kamu bisa mengemas makananan dengan kotak. Dengan cara ini bisa menghindari makanan kamu tidak hancur saat pengiriman.

Cara Packing Makanan Siap Saji

Makanan siap saji tidak menggunakan bahan pengawet sehingga tidak tahan lama dan harus segerea dikonsumsi. Menggunakan kardus bisa menghindari makanan terkena polusi dan debu di jalanan. Selain itu, agar kemasan makanan cepat saji lebih terjada saat dikirim.

Cara Packing Makanan Bersuhu Rendah

Daging, susu murni, keju, dan buah-buahan harus dijaga suhunya agar tak mudah busuk dalam pengiriman. Agar makanan tersebut tetap terjaga, lakukan cara berikut:
1. Menggunakan kotak dari styrofoam. Kotak styrofoam membantu makanan agak tak mudah mencair sebab menggunakan bahan kopolimer styrene yang berfungsi menjaga suhu dan mencegah kebocoran.
2. Agar suhu bisa makanan bisa terjaga dengan baik, kamu juga bisa menambahkan dry ice atau ice gel ke dalam pengemasan. Ini berfungsi untuk menjaga suhu makanan tetap dingin dan tidak mudah mencair dalam pengiriman.
3. Lapisi dengan bubble wrap, berguna untuk menahan paket makanan saat terjatuh dan dari benturan. Bubble wrap juga mampu melindungi paket dari kebocoran karena berbahan plastik.

Cara Packing Makanan Kering

Pengemasan makanan kering dimulai dari pemilihan wadah. Pilihlah wadah mika atau plastik yang dapat melindungi makanan kering ketika dikirim. Jangan sampai ada celah kosong pada wadah sebab saat ada guncangan dapat membuat makanan di dalamnya saling berbenturan sehingga rentan untuk rusak. Lalu, segel wadah menggunakan selotip untuk menghindari terbukanya tutup wadah terbuka saat pengiriman. Beri juga kardus dan lapisan bubble wrap agar makanan yang dikemas semakin aman.

Cara Packing Makanan Basah

Gunakan wadah seperti plastic bag, thin wall, yang kuat untuk mengemas makanan basah. Caranya, masukan makanan basah ke plastik lalu ikat dengan kuat. Lalu kembali masukan ke wadah yang lebih besar. Gunakan kardus sebagai wadah paling luar untuk melindungi kemasan secara keseluruhan. Jangan lupa memberi label terhadap barang yang dikirim agar jasa pengirim lebih berhati-hati dan mencegah timbulnya kerusakan pada makanan.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekspedisi

To Top