Memahami Apa Itu Cargo dan Klasifikasinya

Cargo, siapa yang tidak tahu dengan salah satu istilah populer dalam industri ekspedisi ini. Kepopuleran cargo adalah dampak dari ketergantungan masyarakat terhadap transaksi online, yang jelas berkaitan dengan pengiriman barang. Belanja online adalah tren dewasa ini.

Istilah cargo mengacu pada barang atau produk yang diangkut dari satu tempat ke tempat lain. Baik melalui jalur laut, udara, ataupun darat. Pada mulanya, istilah cargo mengacu pada barang yang dimuat di atas kapal. Namun belakangan, istilah cargo digunakan untuk semua jenis barang. Termasuk untuk barang yang dibawa dengan kereta api, van, atau juga truk.

Sekalipun kargo berarti semua barang di atas kendaraan pengangkut, namun tidak semua jenis barang termasuk di dalamnya. Misalnya seperti tas, barang di gudang, peralatan atau produk untuk mendukung transportasi yang dibawa ke atas kapal.

Cargo dikirimkan ke berbagai daerah, seperti antarkota dalam satu provinsi yang sama. Kemudian, ada juga pengiriman antarprovinsi hingga antarnegara dengan ketentuan khusus, agar barang dikirim dengan keamana yang terjamin.

Melihat di Indonesia sendiri, industri ekspedisi cargo sudah sangat berkembang sejak beberapa dekade dahulu. Satu persatu pelayanan mulai diperbaiki hingga pelanggan puas dengan pelayanan. Terlebih ketika pandemi Covid-19 ini, perilaku konsumtif semakin menjadi-jadi sebab kesempatan untuk ke luar lebih minim.

Jenis Cargo Berdasarkan Jalur Pengiriman

Jika dilihat berdasarkan jalur pengiriman cargo, ada 3 jenis yang perlu kamu ketahui. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Cargo Udara

Jenis jalur pengiriman cargo yang pertama adalah jalur udara. Cargo dikirim menggunakan pesawat terbang. Barang yang dapat dikirim adalah barang-barang yang sudah lolos dalam hal kelengkapan dan kebenaran dokumen. Misalnya seperti Airwaybill dan Surat Muatan Udara.

Biasanya, pengiriman dengan jalur udara akan sampai paling lambat dalam tiga hari ke alamat tujuan setelah dikirim. Namun, biaya pengiriman cargo udara tergolong mahal jika dibandingkan dengan jalur yang lain.

Umumnya, jenis pesawat terbang yang biasa digunakan untuk pengiriman cargo adalah Cargo Aircraft yang disediakan khusus sebagai armada pengiriman barang. Lalu, bisa juga dengan  pesawat untuk penumpang, meskipun space-nya sangat terbatas.

  1. Cargo Darat

Cargo Darat merupakan pengiriman barang atau paket menggunakan jalur darat. Tentunya dengan memanfaatkan alat transportasi darat seperti mobil khusus, truk, hingga kereta api khusus untuk kirim barang cargo.

Umumnya, jalur pengiriman jenis ini dipilih untuk pengiriman antarkota hingga antarpulau. Sampai ke pelosok yang tak bisa terjangkau oleh jalur pengiriman lain.

  1. Cargo Laut

Jalur terakhir adalah cargo laut. Jalur ini banyak dipakai untuk mengirim cargo dalam jumlah besar, yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan hingga pebisnis untuk mendistribusikan produknya ke daerah lain.

Jadi, begitulah pengertian cargo dan apa saja klasifikasinya. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo