Cara Teraman Packing Paket Berbahan Cair

Dalam hal pengiriman paket berupa cairan, pengemasan yang hati-hati dan aman adalah kuncinya. Cairan yang tidak dikemas dengan benar, rawan terjadi kebocoran dan merusak produk serta lain di sekitarnya.

Pengiriman cairan bisa menjadi tugas yang rumit. Jika kamu hendak mengirimkan minuman, alkohol, parfum, atau cairan lainnya, kamu perlu memahami bagaimana keamanan packing-nya.

Beberapa cairan seperti aerosol di dalam kaleng dapat dikirim melalui transportasi darat, tetapi dilarang lewat transportasi udara. Hal ini karena cairan tersebut bisa meledak karena bermasalah dengan tekanan udara selama terbang.

Kamu perlu mempertimbangkan sejumlah faktor jika berencana untuk mengirimkan cairan. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan bagaimana tips packing paket berbahan cairan dengan aman. Berikut ini tipsnya:

  1. pastikan barang terlindungi ganda

Pelindung atau segel ganda adalah lapisan plastik ekstra di sekitar tutup botol cairan. Atau, bisa juga berupa tutup yang bisa dilepas. Segel ganda ini berfungsi menjaga tutup cairan tetap aman.

Jika produk yang kamu kirim tidak memiliki segel ganda, carilah pelindung yang jauh lebih aman. Pastikan pelindung itu tidak lepas selama pengiriman.

  1. Masukkan cairan ke dalam wadah tahan air

Tips kedua adalah tempatkan botol atau kaleng berisi cairan itu di dalam tempat yang tahan air. Jika kamu menggunakan tas, pilihlah tas tahan air berukuran besar. Pastikan botol atau kaleng tersebut benar-benar tertutup rapat di dalam wadah yang kedap air.

  1. Masukkan barang yang dikemas ke dalam kotak karton

Untuk memastikan keamanan lebih, setelah kamu mengemas barang, bungkus lagi dengan karton atau masukkan ke dalamnya. Langkah ini akan melindungi produk yang kamu kirim saat bergesekan di permukaan yang keras atau dengan paket-paket lainnya.

Setelah ada lapisan yang bagus di bagian bawah, letakkan produk Anda di dalam kotak dan isi ruang yang tersisa dengan lebih banyak kacang busa. Anda juga harus meletakkan lapisan lain dari bahan kemasan di atas paket Anda. Ini akan memberikan lapisan perlindungan jika kotak lain diletakkan di atasnya.

  1. Siapkan kotak

Rekatkan semua packingan kotakmu dengan selotip yang kuat. Tujuannya adalah untuk membuat tutupnya tidak terbuka saat diproses dan dikirim. Perlu dipahami bahwa satu lapis selotip saja mungkin tidak cukup. Jika kamu merasa kotak packing-mu tidak terpasang dengan benar setelah satu lapis selotip, tambahlah beberapa lapisan lagi untuk jaminan keamanan yang kuat.

  1. Tandai kotak barangmu dengan label keamanan

Tips terakhir adalah gunakan label khusus agar barang kamu diperlakukan lebih lembut. Baik menggunakan stiker atau spidol permanen, pastikan kamu menuliskan kata“Liquid” dan “Fragile” di setiap sisi kemasan. Dengan begitu, pihak logostik akan tahu penangan terhadap barang yang kamu kirimkan harus ekstra hati-hati.

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo