Ini Tips Packing Gitar yang Aman

Gitar mungkin adalah salah satu barang yang jadi incaran musisi atau siapa saja yang menyukai petikannya. Hal terpenting yang harus dipahami tentang packing gitar dengan aman selama pengiriman adalah bahwa tujuan kamu adalah menyimpan gitar sepenuhnya aman di dalam kotak.

Seperti yang kita ketahui bahwa gitar adalah barang yang cukup rapuh. Untuk itu, kamu harus berhati-hati dalam packing sebelum diserahkan kepada layanan logistik. Saat mengirimkan gitar atau barang rapuh sejenis lainnya, pastikan perlindungannya dan kamu sebagai pengirim pun tidka perlu cemas lagi.

Nah, untuk kamu yang mau tipsnya, yuk baca artikel ini sampai selesai!

  1. Longgarkan senar gitar

Tips pertama untuk packing gitar yang aman adalah dengan melonggarkan senarnya. Rekomendasi pedoman dari FedEx Packaging Lab untuk pengiriman instrumen bersenar adalah dengan cara melonggarkan ketegangan pada senar. Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk menghilangkan tekanan pada leher instrumen. Dengan begitu, risiko kerusakan saat dalam perjalanan akan semakin minimal.

  1. Amankan gitar dalam casing

Setelah senar gitar dilonggarkan, kini saatnya untuk memasukkan gitar tersebut ke dalam casingnya. Kamu perlu menempatkan gitar dalam hard case atau soft case dengan bantalan yang memadai untuk keamanannya. Tidak disarankan untuk pengiriman gitar bila tidak diamankan di dalam suatu kotak.

  1. Segel dan gunakan label instruksi paket

Gunakan segel pelindung untuk paket gitar. Gunakan bubble wrap berlapis-lapis agar apket kamu terjamin keamanannya. Dengan menggunakan metode perekatan H, pasang lakban plastik yang tahan terhadap tekanan di bagian atas dan bawah karton.

Tambahkan label stiker dengan kata “Fragile”. Tujuannya tentu saja untuk melindungi kemasan dan isinya.

  1. Kirim melalui jasa logistik yang sudah terpercaya

Kamu harus mengetahui mana layanan logistik yang benar-benar terpercaya dan berpengalaman. Kamu dapat mengirim paket gitarmu melalui Sentral Cargo, misalnya. Jangan percayakan barangmu kepada penyedia jasa yang tidak terpercaya.

  1. Gunakan asuransi jaminan untuk barang

Untuk lebih menjamin keamanan paket gitar kamu, gunakan layanan auransi jaminan yang direkomendasikan oleh penyedia layanan logistik kamu. Dengan itu, perlindungan terhadap paket yang akan dikirim jauh lebih besar. Tanyakan berapa banyak kerusakan yang akan ditanggung seandainya terjadi kerusakan nantinya. Dan, jenis kerusakan apa saja yang akan dicover oleh pihak asuransi.

Jangan kirimkan paket dengan pengemasan dan perlindungan yang ringan. Terlebih jika isi paket kamu bernilai harga tinggi.

Pengiriman barang seperti gitar akan menegangkan. Apakah barang akan sampai dengan selamat, apalagi jika ditumpuk dengan barang-barang lainnya di dalam satu alat transportasi. Dengan risiko yang sedemikian besar, perlu proteksi yang cukup dari si pengirim agar kiriman sangat aman.

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo