Connect with us

Sentral Cargo Blog

Langkah Mudah Mengambil Barang di Bagian Cargo Bandara Soekarno Hatta

Ekspedisi

Langkah Mudah Mengambil Barang di Bagian Cargo Bandara Soekarno Hatta

Memiliki usaha yang besar pastinya akan menjadi sumber penghasilan utama. Pengiriman bahan baku atau barang untuk usaha bisa dilakukan dengan jasa ekspedisi udara ataupun cargo Bandara Soekarno Hatta. Pemakaian jasa cargo ini dipilih bagi Anda yang memiliki usaha makanan karena jasa ekspedisi ini jauh lebih cepat sampai karena dikirim dengan pesawat terbang. Bila Anda tertarik dengan pilihan jasa ekspedisi cargo ini, maka Anda bisa memperhatikan hal – hal dibawah ini untuk pengambilan barangnya.

Membawa Surat Muatan Udara

Pengambilan barang di cargo Bandara Soekarno Hatta pastinya harus melewati beberapa prosedur. Salah satunya adalah membawa surat muatan udara atau SMU. Surat ini adalah dokumen yang dicetak secara elektronik oleh pihak pengangkut udara bagi pengirim barang. Dokumen ini seringkali disebut juga sebagai airway bill ataupun consignment note. Setelah pihak pengirim barang memperoleh surat muatan udara dan nomornya, maka tugasnya adalah meneruskan kepada penerima barang. Ini sangat penting sebagai syarat utama pengambilan barang di bagian terminal cargo Bandara Soekarno Hatta. Jangan sampai Anda ke bandara tanpa salinan nomor SMU karena sudah pasti Anda tidak diperkenankan untuk mengambil barang tersebut. Nomor salinan itu bisa dikirimkan melalui BBM, email, SMS, ataupun WA.

 

Mempunyai Kartu Tanda Masuk 

Ini menjadi salah satu syarat selanjutnya untuk mengambil barang di terminal cargo Bandara Soekarno Hatta. Untuk masuk ke bagian area gudang di terminal cargo Bandara Soetta, maka Anda harus memiliki Kartu Tanda Masuk. Pass akan diberikan bagi orang dan juga kendaraan. Untuk memperoleh kartu pass itu, maka Anda bisa membuatnya di bagian pusat pelayanan informasi terminal cargo. Untuk pembuatannya dibutuhkan beberapa kelengkapan seperti fotocopy STNK, KTP, mengisi form isian, dan membayar administrasi. Untuk pembayaran administrasi bisa setor tunai atau lewat ATM yang mana jarak terdekat di area terminal cargo hanya bisa bank Mandiri dan Bank BRI. Karena di area bandara syarat pengambilan sangat ketat. Tetapi, jasa pengiriman 1 hari sampai ini tetap menjadi pilihan banyak orang.

Mengambil Barang di Gudang Terminal Ekspedisi Cargo Bandara

Setelah Anda memiliki kartu pass, maka Anda bisa menuju ke gudang tempat pengumpulan barang – barang. Setelah itu Anda ke loket pelayanan untuk mengisi form lagi. Form tersebut berisi nama pesawat dan asal penerbangan, nomor surat muatan udara, nama dan alamat penerima barang, dan juga nomor telepon. Bila Anda tak bisa mengambilnya sendiri maka Anda bisa mewakilkan pada orang lain dengan memberikan surat kuasa terlebih dulu. Ada beberapa pembayaran untuk mengambil cargo Bandara Soekarno Hatta yaitu buaya handling di cargo yang dihitung per kilogram, biaya administrasi, dan denda keterlambatan pengambilan. Jangan sampai Anda mengambilnya terlambat karena semakin lama semakin besar dendanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ekspedisi

To Top