Kirim Barang Murah? Yuk Kenali Dulu Kekurangan Ekspedisi Laut

Pengiriman barang pakai ekspedisi bukanlah sesuatu yang asing bagi pebisnis yang biasa membutuhkan pengiriman. Misal melalui darat, udara, ataupun lewat laut. Pengiriman cargo biasanya memuat barang-barang dengan jumlah yang banyak dan berat. Sedangkan ekspedisi dalam jumlah yang lebih kecil daripada cargo.

Umumnya, Ada 3 jalur ekspedisi pengiriman barang atau paket yang biasa kita ketahui. Ada ekspedisi darat, laut, dan juga udara. Setiap jalur ekspedisi pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika kita menimbang risiko keamanan masing-masing jenis pengiriman, tentu semuanya menerapkan sistem proteksi yang serupa terhadap barang kita. Biasanya, pihak ekspedisi akan menawarkan asuransinya juga.

Pada saat tertentu, pengirim barang memang disarankan untuk mengasuransikan barang yang akan dikirimnya. Pertimbangannya seperti barang yang dikirim itu bernilai tinggi, atau mengirim dokumen rahasia yang harus dilindungi secara penuh. Namun, perlu dicatat bahwa pengajuan asuransi terhadap suatu barang selama ekspedisi membutuhkan biaya tambahan.

Secara umum, masing-masing ada plus minus di dalam tiap jenis pengiriman barang dengan mode pengiriman tertentu. Kali ini kita akan membahas apa saja deretan kekurangan dari ekspedisi barang jalur laut. Di samping kelebihannya, jalur ekspedisi laut juga punya kekurangan tersendiri yang harus kamu ketahui. Nah, berikut ini beberapa kekurangan tersebut.

  1. Pengiriman barang memakan waktu yang lama

Kecepatan kapal dalam berlayar di lautan tentu tidak secepat terbangnya kapal. Oleh sebab itu, pengiriman yang dilakukan lewat jalur laut akan memakan waktu yang lebih lama apabila dibandingkan dengan jalur darat ataupun udara.

Sekalipun tak banyak transit yang dilakukan kapal ekspedisi, namun pengiriman akan tetap berlangsung lebih lama.

  1. Kondisi alam tidak bisa diprediksi

Faktor cuaca menjadi salah satu penentu dari durasi pengiriman barang via jalur laut. Terkadang, cuaca laut bisa mengganggu jalannya pelayaran. Dengan demikian, kemungkinan barang untuk sampai dengan cepat akan sangat kecil.

Jika kamu adalah pengirim barang bagi konsumen dan memutuskan untuk melakukan ekspedisi jalur laut, maka beri tahu kepada konsumen agar sabar menunggu. Jka tidak dberitahukan, bisa jadi konsumen akan menunggu tanpa kepastian yang jelas.

  1. Besarnya risiko barang tertukar karena pengiriman yang campur dengan barang orang lain

Apabila kamu menggunakan layanan sewa kontainer penuh, maka risiko tertukar akan kecil. Namun, akan besar kemungkinan barang kiriman kamu akan tertukar dengan orang lain jika menggunakan layanan container yang bercampur dengan barang milik orang lain.

Pengiriman barang kamu akan jauh lebih mudah dan cepat jika menggunakan layanan dari Sentral Cargo. Sebab, Sentral Cargo bekerja sama dengan kapal Pelni dan kapal Roro atau kapal cepat. Barang kiriman kamu bisa sampai di alamat tujuan dengan lebih cepat.

Recommended For You