Cargo Jalur Darat: Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Ada beragam tawaran penyedia layanan logistik untuk pengiriman barang melalui cargo. Setiap penyedia layanan logistik menawarkan dan menggunakan berbagai moda transportasi untuk memindahkan barang. Misalnya transportasi udara seperti truk dan kereta api, transportasi udara serta transportasi laut.

Semua mode transportasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Baik dalam hal keamanan, kecepatan, keandalan, biaya, juga risiko kerusakan. Tak terkecuali pada layanan cargo lewat jalur darat. Umumnya, cargo darat mendominasi layanan pengiriman logistik di Indonesia.

Kebanyakan produsen memanfaatkan layanan pengiriman cargo darat sebagai sarana untuk mengirimkan produk mereka dalam jumlah besar ke tangan para pelanggan. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh cargo darat ini? Mari simak penjelasan selengkapnya tentang cargo darat di bawah ini.

Kelebihan

Pertama, kelebihan yang dimiliki oleh jenis cargo ini adalah biaya pengiriman yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan jenis cargo laut atau udara. Hal ini karena cargo darat hanya mengandalkan proses penaikan serta penurunan barang di lokasi pengiriman saja.

Kelebihan lain adalah bahwa mekanisme pengiriman cargo darat juga tidak serumit pengiriman cargo jenis lain. Sebut saja pengiriman via kapal laut. Untuk dapat mengrimkan barang, ada banyak prosedur yang harus dipenuhi oleh si pengirim barang.

Nah sementara pada cargo darat, pengirim barang hanya perlu menyiapkan invoice ataupun surat jalan pengiriman. Pengurusan itu pun juga tidak rumit. Pengirim tinggal datang ke lokasi penerimaan barang atau gudang dan mengisi informasi tertentu sebelum barang bisa dikirim.

Terakhir, kelebihan tambahan dari cargo jalur darat adalah kenyataan bahwa transit pada transportasi darat sering memakan waktu lebih sedikit. Apabila dibandingkan dengan cargo jalur laut.

Kekurangan

Di seberang kelebihan, tentu ada pula kekurangan. Adapun kekurangan dari pengiriman barang via cargo darat adalah proses pengirimannya memakan waktu tempuh yang lebih lama, apabila dibandingkan dengan cargo jalur udara. Hal ini terjadi sebab jalur darat tentu cukup padat. Ditambah lagi apabila infrastruktur tidak mendukung seperti jalan rusak, truk yang digunakan kurang gesit, dan lainnya.

Kemudian, pengiriman cargo melalui jalur darat juga lebih rawan terhadap kerusakan pada barang yang dikirim. Hal ini bisa terjadi karena beberapa moda transportasi sering tidak memadai saat mengirim barang. Kamu mungkin perlu mengasuransikan barangmu.

Lalu, kekurangan yang terakhir adalah fakta bahwa cargo jalur darat sering jadi sasaran pencurian selama di jalan. Tak jarang para sopir mengalami kecurian di sela-sela waktu istirahatnya di perjalanan.

Nah, kini kamu sudah mengetahui apa saja beberapa kelebihan dan kekurangan dari pengiriman cargo jalur darat. Kamu harus mempertimbangkan semua sisi itu sebelum memutuskan untuk mengirim barang.

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo