8 Langkah Memulai Bisnis Online di Era Digital

8 Langkah Memulai Bisnis Online di Era Digital

Memulai bisnis online sejatinya tidaklah sulit. Namun terkadang, Sebagian orang masih dihantui oleh ketakutan demi ketakutan sebelum memulai bisnis online. Misalnya soal bagaimana meyakinkan orang untuk membeli? Di mana harus memasarkan produk? Bagaimana memproses pembayaran?? Dan masih banyak ketakutan serta kebingungan lainnya.

Tenang, kamu tidak perlu khawatir. Kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan tersebut untukmu. Kami akan membantu kamu mempelajari bagaimana cara memulai toko online dengan cara yang efektif. Tentunya akan lebih meyakinkan orang untuk membeli.

Langkah Tepat Memulai Bisnis Online

Berikut ini 8 langkah yang harus kamu lewati sebelum mulai berbisnis online. Bagi kamu pemula atau bahkan yang sudah berbisnis, simak panduan berikut ya!

  • Pilih platform atau marketplace untuk berjualan

Keberadaan platform belanja online membantu kamu untuk membangun dan mempromosikan bisnis online, lalu melakukan penjualan. Platform belanja online bertindak sebagai pusat kendali untuk seluruh bisnis kamu, memfasilitasi semua hal yang kamu butuhkan untuk berjualan secara online, serta menyediakan dukungan pelanggan.

  • Tentukan target pasar

Target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi fokus upaya pemasaran bisnismu. Saat memulai bisnis online, mengetahui target pasar yang ideal sangatlah penting. Hal ini membantu kamu dalam menemukan pelanggan baru dengan lebih mudah dan menarik pembeli yang tertarik ke tokomu. Dengan itu, memuat lebih banyak penjualan.

  • Memilih produk yang akan dijual

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh pengusaha adalah menemukan produk yang menguntungkan dan potensial laku untuk dijual. Memmang menghasilkan ide produk agak rumit, tetapi jika kamu punya target pasar yang jelas, maka kamu selangkah lebih maju.

Kamu bisa berjualan pakaian, kosmetik, karya seni, elektronik, dan masih banyak lagi.

  • Pelajari ketentuan bisnis online

Sebelum mulai berbisnis atau berjualan secara online, kamu perlu mengetahui apa saja ketentu-ketentuan yang harus dipatuhi. Pelajarilah ketentuan itu dengan cermat agar tidak mendatangkan masalah di kemudian hari.

Baca juga : 4 Tips Langkah Memulai Bisnis Dropship

  • Tetapkan sumber produk yang akan dijual

Kamu tentu tidak dapat menjalankan bisnis online yang sukses jika produk yang kamu jual tidak bagus. Sebagai rekomendasi, luangkan waktu ekstra untuk mempertimbangkan strategi sumber produk yang akan kamu jual.

Beberapa sumber produk seperti berikut:

  • Buat produk sendiri
  • Cari dropshipper
  • Langganan kepada grosir
  • Pilih branding terhadap produk kamu

Branding adalah salah satu pemegang kesuksesan bisnis kamu. Mulai dari nama bisnis hingga tampilan beranda toko harus dipertimbangkan. Hal yang sama juga berlaku untuk kehadiran produk kamu media sosial, lho.

Beberapa hal berikut harus kamu perhatikan:

  • Logo
  • Skema warna
  • Grafik dan foto.

Apabila semua elemen yang dibutuhkan tadi bekerja sama dengan baik, maka potensi kesuksesan bagi bisnis online kamu lebih besar.

Baca juga : Tips dan Cara Membuat Deskripsi Produk Jualan Online

  • Matangkan metode pembayaran

Langkah selanjutnya adalah memutuskan metode pembayaran toko kamu dan bagaimana kamu sebagai pemilik toko akan menerima pembayaran tersebut. Pastikan semuanya terkendali dan terjamin aman.

  • Launching produk dan mulai berjualan

Setelah ketujuh langkah di atas tadi, bisnis online mu sudah siap untuk berjalan. Sekarang, kamu sudah bisa memulai berjualan, lho.

Selamat berbisnis!

Recommended For You