Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk dalam Bisnis Online

Tidak peduli seberapa besar nama toko online milik kamu, deskripsi produk memainkan peran kunci dalam bisnis online. Deskripsi produk yang efektif dapat memikat pelanggan untuk mampir dan berbelanja di tokomu.

Apabila calon pembeli masuk ke situs atau akun penjualan kamu, pasti mereka akan mencari detail suatu produk yang ditawarkan di dalamnya. Deskripsi produk yang baik berpotensi mempengaruhi keputusan pembelian. Deskripsi produk yang bagus pada akhirnya dapat membantu meningkatkan penjualan, dan tentu saja pemasukan kamu.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk membantu menjangkau audiens target pembeli?

Sebelum itu, kita harus mengetahui dahulu apa itu deskripsi produk. Deskripsi produk adalah bentuk salinan pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan detail serta manfaat produk. Dengan kata lain, deskripsi produk menyediakan semua informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli.

Detail produk ini dapat berupa satu kalimat, paragraf pendek, atau bullet. Deskripsi produk bisa bervariasi. Seperti serius, lucu, atau gaya lainnya. Dan, deskripsi produk dapat ditempatkan tepat di sebelah atau di bawah judul dan gambar produk. Hal itu dapat menjadi nilai jual yang memiliki tingkat keterbacaan yang besar.

Ada beberapa gaya dan cara untuk membuat deskripsi produk yang tepat untuk toko online. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Membuat deskripsi yang terbaik

Tidak diragukan lagi deskripsi produk dapat membantu membawa bisnis kamu ke tingkat lebih besar. Kami akan berikan bocoran template deskripsi produk untuk kamu berikut ini.

Pikirkan tentang siapa, apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana sebelum menulis. Metode ini biasanya digunakan oleh jurnalis untuk memberikan fakta dalam berita. Dan, ini adalah langkah pertama dalam menyusun deskripsi produk. Untuk siapa produk ini? siapa target pasar, kelompok usia, gaya hidup mereka, atau kelompok orang lainnya.

Lalu, apa detail dasar produk? Ini termasuk atribut seperti dimensi, bahan, fitur produk, biaya dan fungsi. Kapan seseorang harus menggunakan produk tersebut? Di mana mereka harus menggunakan produk? Apakah itu dimaksudkan untuk penggunaan di dalam atau di luar ruangan?

Kemudian, mengapa produk ini bermanfaat atau lebih baik dari produk yang dijual oleh pesaing? Poin ini bisa berupa dari kualitas hingga nilai dan fitur. Terakhir, bagaimana cara kerja produk atau bagaimana produk worth it untuk dibeli?

  1. Tentukan format terbaik untuk menggambarkan produk

Ingatlah bahwa penting untuk menentukan format terbaik yang akan digunakan. Hal ini karena beberapa pembeli online hanya melihat poin-poin penting yang mencakup detail produk. Buatlah spesifikasi atau frasa pendek seperti fitur, sehingga lebih cepat dan mudah dibaca.

Buatlah sekreatif mungkin dan bangun karakter yang khas untuk merek Anda.

  1. Jangan takut untuk menyombongkan diri

Inilah cara untuk membuat deskripsi produk kamu satu langkah lebih maju dari yang lain. Gambarkan apakah produk yang kamu jual punya kelebihan lain dari produk lain. Apakah melalui bertahun-tahun pengujian? Apakah itu buatan tangan sendiri?

Ceritakan dalam paragraf deskripsi produk singkat dengan memasukkan informasi kecil detail. Buktikan mengapa produk kamu lebih baik daripada yang lain.

  1. Ketahui kapan harus menunjukkan dan tidak

Teks tidak selalu merupakan cara terbaik untuk mendeskripsikan produk. Jika kamu terlalu bertele-tele, pikirkan Kembali bagaimana cara menyederhanakannya. Gambar akan lebih diingat oleh pelanggan. Jika memungkinkan, pamerkan produk kamu dalam visual yang menjelaskan dengan tepat tentang produk.

  1. Jangan takut untuk menjadi unik dan berbeda

Setiap industri dan bisnis online punya keunikan mereka sendiri. Sajikan konten yang paling penting bagi mereka dan temukan cara visual yang menarik untuk memberikan semua informasi bagi mereka tanpa jadi pusing.

Nah, itu dia 5 cara menulis deskripsi produk untuk bisnis online. Selamat mencoba dan berisnis!

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo