Mengenal Surat Jalan dalam Pengiriman Barang, Apa Saja Fungsinya?

Surat adalah salah satu instrumen yang dijadikan dokumen resmi untuk arsip kantor. Berbagai jenis surat seperti surat pemberitahuan, surat peringatan, surat pengantar, surat rekomendasi, surat kuasa, surat izin, surat jalan, dan masih banyak surat lainnya.

Pebisnis yangperlu mengirimkan barangnya ke pelanggan tentu tidak asing dengan salah satu dokumen penting ini. dokumen tersebut adalah surat jalan pengiriman barang. Surat jalan adalah satu dokumen yang diperlukan saat mengatur pengiriman barang. Dokumen ini dapat dianggap sebagai dokumen transportasi.

Surat jalan merupakan dokumen pengangkutan yang diberikan oleh pengirim atau perusahaan pengirim barang kepada penyedia logistik yang mengangkut barang.

Surat jalan bersifat wajib, yang harus digunakan oleh perusahaan atau pihak tertentu dalam pengiriman barang. Biasanya, surat jalan dibawa oleh driver dari pabrik pengirim ke penerima. Atau bisa juga dari tempat muat menuju tempat bongkar barang.

Adapun informasi yang dimuat di dalam surat jalan seperti nama perusahaan produsen atau pengirim, nama pihak penerima atau customer, lalu nomor surat, nama serta jenis barang, jumlah barang, dan harganya.

Sebuah dokumen surat jalan biasanya terdiri dari 3 sampai 4 lembar kertas dengan warna berbeda. Perbedaan warnanya itu bertujuan untuk menunjukkan perbedaan fungsi tiap lembar.

Lembar pertama surat jalan biasanya berwarna putih, sebagai bukti penyerahan barang dari pengirim kepada pembeli yang akan digunakan sebagai penagihan pembayaran.

Lembar kedua surat jalan biasanya berwarna merah, yang nantinya akan diserahkan kepada penerima atau customer sebagai tanda bukti. Sementara lembar ketiga bisa berwarna kuning atau hijau, yang digunakan sebagai arsip untuk perusahaan.

Beberapa Fungsi Surat Jalan

Tentu ada fungsi dari pembuatan surat jalan ini. nah, mari simak ebberapa fungsi dari surat jalan dalam pengiriman barang sebagai berikut:

  1. Berisi rincian detail dari suatu item atau barang yang dikirim
  2. Sebagai dokumen resmi formalitas dari pihak pengirim untuk penerima
  3. Mempermudah pengecekan

Baik bila ada pengecekan oleh pihak penerima maupun petugas keamanan di sepanjang perjalanan pengiriman.

  1. Sebagai bukti bahwa barang sudah sampai ke tangan pihak penerima
  2. Sebagai dokumen resmi untuk jadi arsip bendahara atau bagian keuangan di perusahaan
  3. Sebagai bahan untuk pembuatan laporan

Secara teknis, surat jalan adalah istilah yang digunakan untuk menyebut surat kuasa terhadap pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk pengiriman barang kamu, percayakan kepada Sentral Cargo. Sentral Cargo sudah terpercaya, aman, murah, dan tidak murahan. Barang yang kamu kirimkan pasti akan sampai dengan selamat d tempat tujuan. Sentral Cargo sudah bekerja sama dengan sejumlah layanan transportasi yang tentu saja aman.

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo