SENTRAL CARGO hanya akan mengangkut dokumen, paket atau barang dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di SENTRAL CARGO.
SENTRAL CARGO berhak untuk menolak atau menerima dokumen transportasi atau item tertentu dari pengirim, sesuai dengan ketentuan yang ada di SENTRAL CARGO.
SENTRAL CARGO berhak membawa dokumen atau barang milik pengirim menggunakan penanganan, penyimpanan, dan transportasi yang cocok sesuai kebijakan SENTRAL CARGO.
Dokumen atau barang kemasan pengirim adalah tanggung jawab pengirim.
SENTRAL CARGO tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan dokumen atau ketidaksempurnaan kemasan barang yang disebabkan oleh pengirim.
Pengirim wajib bertanggung jawab untuk menyertakan nama dan alamat lengkap tujuan pengiriman, jenis atau isi dokumen atau barang kiriman sehingga pengiriman bisa dilakukan dengan benar.
SENTRAL CARGO tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kerugian, kerusakan dan biaya yang timbul dari kelalaian dan kesalahan pengirim dalam memenuhi kewajiban-kewajiban di atas.
SENTRAL CARGO tidak menerima barang berbahaya peledak atau terbakar, obat, emas dan perak, koin, abu, sianida, platinum dan batu atau logam mulia dan perangko, barang curian, periksa tunai, wesel, atau cek perjalanan, surat, barang antik, lukisan antik, benda yang mengandung gas ,hewan atau tanaman hidup serta benda cair.
Jika pengirim mengirimkan barang-barang tersebut tanpa sepengetahuan SENTRAL CARGO, SENTRAL CARGO dibebaskan dari segala tuntutan ganti rugi, biaya dan tuntutan yang mungkin timbul dari pihak mana pun.
SENTRAL CARGO berhak untuk mengambil semua langkah yang diperlukan sesegera SENTRAL CARGO mengetahui adanya pelanggaran kondisi ini, termasuk untuk menjalankan hak-hak yang diatur dalam undang-undang perlindungan konsumen.
Inspeksi :
SENTRAL CARGO berhak tetapi tidak berkewajiban untuk memeriksa barang atau dokumen yang dikirim oleh pengirim untuk memastikan bahwa pengiriman dokumen atau barang benar-benar memenuhi syarat untuk diangkut ke alamat tujuan pada ketentuan prosedur operasi standar dan metode penanganan SENTRAL CARGO.
SENTRAL CARGO dalam melaksanakan hak-hak mereka tidak menjamin atau menyatakan bahwa seluruh pengiriman layak untuk transportasi.
SENTRAL CARGO tidak bertanggung jawab atas isi dari kiriman yang tidak cocok dengan deskripsi yang diberikan pengirim ke SENTRAL CARGO.
Pengirim dengan ini menjamin bahwa yang bersangkutan adalah pemilik yang sah dan berhak atas penyerahan dokumen atau barang yang akan disampaikan oleh SENTRAL CARGO dan telah setuju untuk terikat dengan syarat dan kondisi.
Pengirim menyatakan SENTRAL CARGO dibebaskan dari tuntutan pihak manapun dan dari semua biaya dan kerusakan atau biaya lainnya dalam hal pelanggaran jaminan ini.
SENTRAL CARGO hanya bertanggung jawab untuk membayar kerugian yang diderita sebagai akibat dari kerusakan atau kerugian pengiriman dokumen atau barang yang terjadi ketika barang atau dokumen masih di bawah kontrol dari SENTRAL CARGO, dengan catatan hanya jika kerusakan tersebut semata-mata karena kelalaian SENTRAL CARGO.
SENTRAL CARGO tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kerugian, termasuk dan tidak terbatas pada kerugian komersial, kerugian tidak langsung atau keuangan lainnya termasuk kerugian yang terjadi dalam transportasi atau pengiriman yang disebabkan oleh hal-hal yang berada di luar kemampuan kontrol SENTRAL CARGO atau kompensasi untuk kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam atau force majeure.
Nilai ganti rugi sesuai dengan syarat dan ketentuan SENTRAL CARGO. Dalam menentukan nilai akuntabilitas SENTRAL CARGO mempertimbangkan nilai dari dokumen atau penggantian barang pada waktu dan tempat pengiriman, tanpa menghubungkan dengan nilai komersial dan konsekuensi kerugian.
Prosedur untuk klaim :
Setiap klaim pengirim sehubungan dengan kewajiban dan tanggung jawab SENTRAL CARGO harus disampaikan secara tertulis dan diterima oleh kantor SENTRAL CARGO paling lambat 1 (satu) hari setelah tanggal di mana semestinya dokumen atau barang sudah diterima.
Tergolong 2 (dua) tarif pengiriman barang yaitu :
KATEGORI ELEKTRONIK
Kategori jenis barang dengan harga tarif elektronik yaitu : Handphone, Laptop, Server, Sparepart Handphone, Memory Card, Power Bank, Battery, Vaping, Proyektor, dan barang lainnya yang mengandung listrik atau baterai.
KATEGORI NON ELEKTRONIK (Aksessoris)
Kategori jenis barang dengan harga tarif non elektronik yaitu : Casing handphone, aksesoris handphone, aksesoris komputer, speaker, spare part mobil, liquid vaping, apparel (fashion), furniture (full set/breakdown), dan barang lainnya yang tidak mengandung listrik atau baterai.
Harga ongkir sudah termasuk garansi kehilangan, akan tetapi garansi tidak termasuk risiko force majeure, bencana alam, huru hara, kebakaran, kecelakaan pesawat.
Via UDARA
Barang Elektronik maksimal penggantian : Rp 1.000.000 per kilo
Barang Non Elektronik maksimal penggantian : Rp 400.000 per kilo
Via DARAT/LAUT
Barang Elektronik maksimal penggantian : Rp 1.000.000 per kilo
Barang Non Elektronik maksimal penggantian : Rp 200.000 per kilo
Bilamana barang ingin diganti sesuai dengan nilai barang, maka dianjurkan untuk menggunakan asuransi,
Asuransi sudah termasuk kehilangan, force majeure, bencana alam, kebakaran, kecelakaan pesawat..
Premi asuransi sebesar 0,2% dari nilai barang.
“Batas Klaim pelaporan kerusakan atau kehilangan barang adalah 1x24 Jam dari barang diterima”
SURCHARGE
Khusus via Udara jika berat 1 koli lebih dari 50 KG dikenakan surcharge.
VOLUME
Barang ringan tapi besar, cara perhitungan volume:
Volume Udara : (PxLxT) =... Kg x Ongkir
6000
Volume Darat : (PxLxT)=... Kg x Ongkir
4000
KETENTUAN LENGTH:
Barang panjang lebih dari 1 Meter dikenakan biaya LEN (LENGTH) Rp 1.000,- per kg.
PEMBULATAN NILAI BERAT
Untuk setiap kiriman 0.11 pembulatan ke atas.
Contoh :
Koli 1 berat asli 8.11 Kg, maka berat final menjadi 8.50 Kg
Koli 2 berat asli 7.51 Kg, maka berat final menjadi 8 Kg
Total berat akhir : 8.50 Kg + 8 Kg = 16.50 Kg menjadi 17 Kg
PERUBAHAN HARGA
Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
Pengirim wajib memberitahukan isi kiriman dan nilai yang sebenarnya, serta memberikan hak kepada perusahaan untuk memeriksa isi kiriman bila diperlukan.
Pengirim/penerima bersedia menerima dan tidak keberatan kirimannya dibuka / diperiksa oleh yang berwajib.
Keselamatan barang kiriman akibat pengepakan yang tidak sempurna sehingga menimbulkan kerugian, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Pengirim bertanggung jawab terhadap semua biaya pengiriman sesuai perhitungan menurut tarif yang dikeluarkan oleh perusahaan.
Perusahaan wajib menyampaikan/ menyerahkan kiriman sampai ke tangan penerima dengan baik dan lengkap.
Perusahaan bertanggung jawab terhadap kiriman – kiriman selama belum diserahkan kepada penerima, kecuali karena sesuatu hal yang menyebabkan kiriman ditahan oleh yang berwajib, maka pengirim/penerima harus menyelesaikanya secara sendiri.
Perusahaan akan menggantikan apabila terjadi kehilangan barang sesuai ketentuan garansi yang berlaku bila tidak diasuransikan.
Perusahaan tidak menjamin ketepatan waktu pengiriman/penyerahan barang kiriman dan tidak memberikan ganti rugi akibat keterlambatan tersebut.
Keselamatan barang kiriman akibat pengepakan yang tidak sempurna sehingga menimbulkan kerugian, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Pengirim bertanggung jawab terhadap semua biaya pengiriman sesuai perhitungan tarif yang dikeluarkan oleh perusahaan.
Pengirim/penerima bersedia menerima dan tidak keberatan kirimannya dibuka/diperiksa oleh yang berwajib.
Dilarang mengirim surat, kartu pos, warkat pos atau uang ke dalam bungkusan kiriman dalam bentuk apapun,
Dilarang mengirim barang berbahaya yang mudah meledak, menyala, atau terbakar dan barang- barang yang dapat membahayakan keselamatan umum lainnya,
Dilarang mengirim tumbuhan atau binatang yang dilindungi oleh pemerintah serta dilarang untuk diantar pulaukan,
Dilarang mengirim barang-barang berupa narkotika dan sejenisnya, serta obat terlarang lainnya,
Dilarang mengirim barang cetakan atau rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan/ketertiban & stabilitas nasional atau menyinggung kesusilaan serta barang-barang yang melanggar hukum lainnya.
Free Pickup minimal 10 kg bilamana kurang dari 10 kg dikenakan biaya ongkir minimal 10 kg untuk Udara maupun Darat.
Pengirim wajib mengisi data format pickup yang sebenarnya.
Packing : Kami menyediakan beberapa alternatif Packing :
Packing Kayu: P + L + T ( cm ) : 3 x 2,500, Jika barang melebihi 1 meter x 3,500 ( Barang akan di timbang dan ukur ulang setelah di packing kayu, untuk mengetahui berat pastinya)
Bubble wrap/Wrapping Plastik: Rp. 1.000 /Kg (pastikan barang telah terpacking dengan aman sebelum diterima oleh Kami).
Email Notifikasi : Email akan dikirim setelah barang sudah terinput di sistem kami.
Cancel Pickup : Bilamana barang sudah di pickup, pembatalan pengiriman oleh customer akan dikenakan biaya JABODETABEK dan Jika ada tambahan biaya packing maka segala biaya menjadi beban customer.
Ketentuan pengiriman : Kami tidak menerima kiriman kendaraaan (motor & mobil), makhluk hidup, tanaman, bertekanan udara (Dangerous Goods). Makanan dan minuman frozen food, cairan yang mudah terbakar, oli, aki, dan segala jenis barang fragile, dan barang mudah rusak.
Barang penanganan khusus : Bilamana pengiriman jenis barang ini cairan, barang fragile, barang mudah rusak. Kami hanya bantu pengiriman saja dan mohon diinfokan ke admin dengan tambahan di wrapping plastik, bubble, dan packing kayu. (Jika tidak dipackingan barang ,segala kerusakan dan kerugian tanggung jawab pengirim dan ongkos kirim wajib dilunasin).
Sebelum barang di pickup
Barang sudah ready
Barang sudah terpacking aman sebelum di pickup (kami dapat menolak kiriman tidak sesuai dengan packingan dan ketentuan Pengiriman).
Harap pengirim mengetahui estimasi biaya ongkos kirim setiap tujuan, volume, dan surcharge supaya dapat dikonfirmasikan ke pihak ketiga atau pihak lainnya.
Harap pengirim menulis resi pickup yang diberikan oleh driver Kami dengan benar : Nama, Alamat Lengkap (Jalan, Kecamatan, Kabupaten, Kota, Kodepos), No. Handphone Penerima, Layanan via udara/darat, pembayaran di barang untuk menghindari Salah Pengiriman.
Bila barang sudah terkirim, barang tidak dapat dibatalkan atau dirubah, dan pengirim/penerima wajib bertanggung jawab atas ongkir.
STANDAR OPERASIONAL PROSEDURE : Barang yang telah di pickup oleh Sentral Cargo, customer harus mengetahui dan mengikuti syarat dan ketentuan pengiriman di Sentral Cargo.