Apa itu Freight Forwarder? Yuk Ketahui Fungsi dan Manfaatnya

Dalam dunia logistik—baik pengiriman melalui jalur darat, laut, atau udara—perlu adanya koordinasi, regulasi, dan layanan terbaik. Tujuannya untuk memastikan bahwa barang sampai tepat waktu dan aman. Istilah freight forwarding adalah salah satu istilah yang cukup populer dalam logistik. Maksudnya adalah koordinasi dan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain melalui satu atau beberapa operator melalui udara, laut, kereta api atau jalan raya.

Singkatnya, perusahaan freight forward merupakan suatu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang agen. Kerjanya mengurusi pengiriman dan penerimaan barang secara menyeluruh dan lengkap. Jadi, freight forward bukan sekadar agen pengiriman saja, jasa pengiriman yang ditawarkan jauh lebih lengkap dan lebih bervariasi.

Pengiriman barang seperti biasa, bisa lewat jalur transportasi darat, laut, maupun udara. Freight forwarder tidak perlu harus memiliki sendiri armada atau sarana serta prasarana transportasinya.

Fungsi dari Layanan Freight Forward

Berikut ini 4 fungsi dari layanan jasa freight forwarding:

  1. Penyedia jasa pelayaran, jasa kepabeanan, dan pengiriman door to door
  2. Fasilitator pengiriman barang yang butuhkan oleh pengirim
  3. Eksekutor dari barang kiriman yang harus punya sarana transportasi
  4. Perantara antara pengirim barang, pengangkut barang, dan penerima barang

Manfaat Layanan Freight Forwarder

Nah, setelah mengetahui fungsi dari freight forward, mari kita kulik apa saja beragam manfaat yang dimiliki oleh layanan jasa ini.

  1. Mempermudah usaha importir

Dengan menggunakan layanan jasa Freight Forward, maka prosedur pengiriman barang akan jauh lebih mudah. Semua urusan yang terkait dengan pengiriman barang akan dipegang oleh pihak jasa freight forwarder. Misalnya saja untuk mengurus dokumen persyaratan, asuransi pengiriman, serta administrasi yang dibutuhkan dalam pengiriman.

  1. Pengiriman barang yang tepat jumlahnya sesuai pesanan

Manfaat kedua dari freight forward adalah membuat pengiriman barang lebih tepat, sesuai dengan pesanan pelanggan. Hal ini lantaran seluruh barang yang dikirim sudah diperiksa serta dihitung ulang agar tepat jumlahnya dan sesuai dengan pesanan dari pelanggan.

Dengan begitu, risiko kerusakan, kehilangan atau kekurangan jumlah barang bisa lebih kecil. Pengiriman jadi lebih aman dan praktis.

  1. Pengiriman barang lebih tepat waktu

Layanan jasa freight forwarder juga bermanfaat dalam memenuhi target waktu pengiriman barang. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa freight forwarder sudah mengurusi seluruh kebutuhan pengiriman barang, sehingga pengiriman akan menjadi lebih cepat sampai di tangan pelanggan.

Selain itu, dalam perjalanannya pengirim dan penerima bisa melakukan pelacakan pengiriman dengan mudah.

  1. Proses pengiriman barang menjadi lebih efisien

Manfaat terakhir dari freight forward adalah membuat proses pengiriman barang menjadi lebih efektif dan efisien. Layanan jasa freight forwarder mengawasi pengiriman secara ketat terhadap pelayanan pengiriman yang mereka berikan.

Recommended For You