Yuk! Simak 4 Perbedaan Cargo dan Reguler di Dunia Ekpedisi

Perbedaan Cargo dan Reguler

Perbedaan Cargo dan Reguler – Budaya atau kebiasaan berbelanja  dan bisnis online semakin menjamur belakangan ini. Oleh sebab itu, otomatis kebutuhan terhadap jasa pengiriman barang juga semakin meningkat. Baik berupa dokumen maupun barang atau paket. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada banyak perusahaan yang melayani pengiriman barang lewat berbagai jalur. Ada jalur darat, jalur laut, serta jalur udara.

Layanan pengiriman paket makin berlomba-lomba dalam mengeluarkan berbagai layanan agar mampu memenuhi kebutuhan para customer. Ada penawaran untuk mengirimkan paket lebih cepat, ada pula yang regular. Pengiriman barang dengan istilah same day atau pengiriman di hari yang sama, adalah pilihan yang banyak diincar oleh customer.

Sebelum adanya pengiriman sameday ini, pengiriman yang umumnya dipakai adalah ekspedisi regular dan pengiriman kargo. Jasa atau layanan pengiriman paket yang paling umum dan populer kita kenal adalah cargo dan reguler. Kedua istilah ini sangat lekat dengan dunia pengiriman barang atau paket.

Buat orang awam, mungkin kedua istilah tersebut digolongkan ke dalam kategori sama. Padahal, ada perbedaan jelas yang menentukan apakah seseorang bisa pakai ekspedisi atau pakai kargo saja.

Lantas, apa sebenarnya perbedaan cargo dan reguler? Secara fungsi, kedua jenis pengiriman ini punya tujuan yang sama. Tujuan mereka adalah untuk mengirimkan paket atau barang. Hanya saja, perbedaannya berada pada jumlah muatan atau kapasitas barang yang akan dikirimkan dalam 1 kali pengiriman.

Pengiriman ekspedisi sendiri adalah pengiriman barang dengan skala yang relatif kecil. Sementara itu, cargo adalah sebaliknya. Pengiriman kargo adalah pengiriman dengan skala yang lebih besar.

Baca juga : Ketahui Klasifikasi Cargo Berdasarkan Jalur Pengiriman

Sudah jelas, ya, bahwa ternyata kedua layanan ini berbeda. Saatnya untuk mengetahui poin-poin perbedaan lainnya yang untuk memaksimalkan pemahaman Anda tentang jasa ekspedisi cargo dan reguler. Untuk lebih jelasnya, simak uraian kami berikut. Baca sampai selesai, ya!

Perbedaan Cargo dan Reguler di Dunia Ekspedisi

  • Berat Barang

Perbedaan pertama adalah pada berat barang yang dikirim. Pada layanan ekspedisi, mereka melayani pengiriman barang tanpa minimal berat. Bahkan jika Anda hendak mengirim barang berukuran kecil sekalipun. Sebut saja cincin atau aksesoris. Benda sekecil itu pun juga bisa diterima dan dikirim ke alamat yang diinginkan.

Sementara untuk layanan kargo, berat barang sudah ditentukan. Berat minimalnya adalah 10 Kg. Pengiriman dengan layanan ini banyak dipilih oleh pebisnis ketika mau mendistribusikan barang ke daerah lain atau pengusaha online shop untuk dikirimkan kepada pembeli.

  • Kalkulasi Harga

Kalkulasi harga untuk cargo dan ekspedisi juga berbeda. Untuk layanan ekspedisi, harganya dipatok untuk setiap 1 Kg. Jadi, ketika Anda mengirim barang dengan berat di bawah 1 Kg, maka ongkos pengirimannya adalah untuk berat 1 Kg.

Sedangkan jika Anda hendak mengirim barang dengan layanan kargo, biasanya penghitungan akan dilakukan dengan sistem berat dan volume barang. Semakin banyak barang yang dikirim, maka akan ada diskon harga. Namun, tentu disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan tersebut.

  •  Waktu Pengiriman

Pengiriman untuk ekspedisi standar biasanya memakan waktu hingga 3 hari lebih, tergantung lokasi tujuan. Sedangkan untuk ekspedisi cepat, tersedia layanan same day atau paket akan sampai dalam satu hari bahkan di hari yang sama.

Pengiriman cargo membutuhkan waktu pengiriman lebih lama. Namun, tetap dengan jadwal yang jelas sesuai jadwal pengantaran barang.

  • Jangkauan Pengiriman

Terkait jangkauan layanan, pengiriman ekspedisi bisa menjangkau berbagai daerah yang memang sudah menjadi rute yang dilewati ekspedisi. Berbeda dengan kargo yang jangkauannya tidak terlalu luas.

Itulah dia perbedaan detail antara cargo dengan ekspedisi. Bagaimana? Sudah paham, bukan? Jangan sampai tertukar lagi dan jangan lupa gunakan jasa pengiriman barang dengan Sentral Cargo ya !

Recommended For You