7 Tips Terima Paket Online yang Aman Saat Covid19

Pandemi Covid-19 belum selesai. Sellau ada gelombang-gelombang baru dari virus ini. Ketakutan terhadap keamanan dan kesehatan selama menerima paket online jadi kekhawatiran sejak awal 2020 lalu. Para penyuka belanja online merasa dilema terhadap kesehatan mereka. Terlebih jika paket datang dari luar negeri.

Menurut situs tsishopping.com, penelitian menemukan bahwa virus Covid-19 dapat bertahan hingga 24 jam di karton. Namun, menurut CDC dan WHO, risiko tertular virus corona itu dengan menyentuh permukaan kotak yang baru dikirim sangat rendah. Akan tetapi, bagian paling berisiko dari pengiriman dan penerimaan paket adalah interaksi dengan kurir pengiriman atau karyawan di agen pengiriman.

Selalu ada solusi untuk setiap masalah. Dengan tindakan pencegahan yang cerdas, kamu dapat menerima paket online secara aman. Nah, untuk itu, kamu butuh tips aman berikut agar kesehatanmu terjaga.

  1. Kurangi bertemu langsung dengan kurir

Tips pertama yang harus kamu lakukan saat menerima paket online adalah dengan meminimalisir bertemu langsung dengan kurir. Bila pesanan sudah dibayar, minta kurir untuk meletakkan paketmu di satu tempat khusus. Kamu bisa menyediakan wadah untuk tempat kurir meletakkan paket.

Dengan cara ini, kamu dapat menghindari penularan virus Covid-19.

  1. Gunakan masker bila menerima paket COD

Lantas bagaimana jika paket kamu COD yang mnegharuskan bertemu dengan kurir? Yang pertama, tentu kamu harus tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat. Gunakanlah masker dan jaga jarak aman. Jangan bersentuhan langsung dengan kurir, berinteraksilah dengan jarak sekitar 1,5 meter.

  1. Kenakan sarung tangan pelindung

Mengenakan sarung tangan juga bisa jadi salah satu alternatif protokol kesehatan saat menerima paket secara langsung. Kamu bisa menggunakan sarung tangan biasa atau plastik. Jika kamu menggunakan sarung tangan kain, segera cuci setelah menerima paket. Jika kamu menggunakan sarung tangan plastik, segera buang setelahnya.

  1. Cuci tangan setelah menerima paket

Cuci tangan sangatlah penting setelah kamu menerima paket ataupun setelah membuka paket online. Tentunya untuk menghindari agar kuman dan virus yang terkontaminasi ke pembungkus paket tidak menyebar. Cucilah tanganmu dengan air yang mengalir dan gunakan sabun.

  1. Buka Paket Di Luar Rumah

Ada opsi lain yakni membuka membuka paket di luar rumah. Tujuannya adalah untuk menghindari jangkauan dengan keluarga. Terlebih jika di rumah banyak anak-anak dan lansia.

  1. Gunakan gunting khusus untuk membuka paket

Sebaiknya, gunakan gunting khusus untuk membuka paket. Jangan gunakan satu gunting yang sama untuk keperluan lain. Artinya, satu gunting memang khusus untuk membuka paket saja. Tentunya jangan lupa untuk mencuci kembali gunting tersebut.

  1. Perhatikan

    tempat membuang sampah pembungkus paket

Tips aman menerima paket online yang terakhir adalah langsung membuang pembungkus paket. Buanglah pembungkus paket di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan orang.

Untuk memastikan keamanan identitas, pastikan seluruh informasi identitas kamu sudah tidak ada atau tidak terlihat jelas.

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo