Bagaimana Cara Terbaik untuk Packing Sepeda?

Apakah kamu memiliki rencana liburan bersepeda yang menyenangkan? Atau kamu perlu terbang ke suatu tempat dengan membawa serta sepeda? Atau mungkin berencana mengirim sepeda ke teman atau saudara?

Mengemas sepeda untuk pertama kalinya menghadirkan beberapa tantangan. Ukuran sepeda membuat packing menjadi canggung. Apakah bisa dipastikan bahwa jasa pengiriman akan membawa sepeda ke tujuan dengan aman.

Akan tetapi, untuk memenuhi itu semua, tentu ada cara yang aman dan perhitungan yang matang. Pelajari cara terbaik untuk packing sepedamu dengan benar.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengemas dan mengirimkan sepeda Anda dengan aman dan selamat:

  1. Lepaskan pedal dan sadel

Cara pertama untuk packing sepeda yang terbaik adalah lepaskan pedal dan sadelnya. Untuk menghentikan pedal yang menusuk kotak pengiriman, lepaskanlah menggunakan kunci pas pedal. Selain itu, kamu juga juga harus melepas sadel sepeda dengan kembali menggunakan kunci pas atau bisa pula dengan menekan tombol pelepas cepat.

Bungkus beberapa bubble wrap di sekitar komponen ini, sebelum menempatkannya ke dalam kotak pengiriman.

  1. Lepaskan roda bagian depan

Selanjutnya, lepaskanlah roda bagian depan sepeda. Roda depan sepeda dapat dengan mudah dilepas menggunakan tombol pelepas cepat atau kunci pas. Melepas roda depan akan membantu mengurangi panjang sepeda.

  1. Putar setang memanjang

Cara kedua sudah bertujuan untuk mengurangi Panjang sepeda. Kini, saatnya untuk mengurangi lebar sepeda. Untuk mengurangi lebar sepeda, putar setang sehingga memanjang sepanjang rangka sepeda.

Untuk melakukannya, kendurkan terlebih dahulu menggunakan kunci. Setelah setang diposisikan ulang, kamu dapat mengencangkan kembali batangnya agar setang tetap di tempatnya.

  1. Lindungi bagian yang menonjol

Jika kamu packing sepeda tanpa menggunakan casing khusus sepeda, kamu harus berhati-hati agar bisa melindungi semua bagian sepeda. Terutama pada bagian-bagian yang menonjol seperti gardan roda dan setang. Kamu dapat membungkusnya dengan bubble wrap dan diamankan lagi dengan selotip.

  1. Pasang bagian yang longgar ke rangka utama sepeda

Untuk menghentikan bagian yang sudah dilepas atau dlonggarkan tadi membentur bagian sepeda lainnya, amankanlah bagian tersebut ke rangka sepeda. Kamu dapat melakukannya dengan melilitkan selotip di sekitar semua komponen untuk merekatkannya. Akan tetapi, perlu dipastikan tidak ada selotip yang menempel pada cat sepeda.

  1. Gunakan kotak kardus yang kokoh

Masukkankan sepeda yang akan kamu kirimkan ke dalam kotak kardus berdinding ganda yang kokoh. Pastikan semua bagian sepeda ada di dalamnya.

  1. Jangan ada ruang kosong di dalam kotak

Pastikan bahwa tidak ada ruang kosong di dalam kotak bungkus sepeda. Isilah semua ruang kosong antara sepeda dan dinding kotak menggunakan bubble wrap atau bola-bola koran.

  1. Segel dengan aman

Rekatkan kotak hingga tertutup rapat dan perkuat tepi kotak menggunakan beberapa lapis lakban. Gunakan pula label stiker yang mmeberitahukan apa isi paket kamu, supaya lebih diperlakukan dengan baik selama proses pengiriman.

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo