Cara Mengetahui Perbedaan Resi Asli dan Palsu

Marketplace belanja online kini semakin menjamur. Berbelanja secara online adalah pilihan terbaik ketika kamu tidak punya cukup banyak waktu untuk berbelanja langsung ke pusat perbelanjaan. Setiap berbelanja online, tentu ada resi sebagai buktinya.

Toko online atau online shop yang bekerja semestinya akan benar-benar memproses pesanan dari pembeli mereka. Namun, tak jarang pula banyak kasus penipuan berkedok online shop. Setelah mereka terima duit dari pembeli, malah menghilang dan barang tidak dikirimkan ke pembeli.

Belakangan ini, penipu juga semakin pandai mengakali korbannya. Ada penipu yang mengirimkan kertas resi palsu sebagai bukti pengiriman bahwa pesanan sudah dikirim. Dengan kepolosan, korban akan menunggu paket itu selama berminggu-minggu, bahkan hitungan bulan dan tak kunjung datang.

Nah, bagi kamu yang gemar berbelanja di online shop, berhati-hatilah. Sebab, marak sekali kasus penipuan berkedok online shop. Mereka menggunakan resi palsu, seolah-olah sebagai resi bahwa kiriman sudah dikirimkan.

 

Perbedaan Resi Asli dan Resi Palsu

Lantas, bagaimana perbedaan antara nomor resi asli dan nomor resi palsu?

Nomor resi sendiri adalah nomor identitas paket di layanan ekspedisi. Biasanya, bukti pengiriman ini diberikan kepada pengirim paket. Nah untuk para pemilik online shop biasanya mengirimkan kertas bukti pengiriman yang memuat nomor resi. Resi ini sebagai bukti bawa pesanan pembeli yang bersangkutan sudah diproses. Pembeli tentu lebih yakin dengan adanya bukti tersebut.

Sayangnya, di tengah dunia yang penuh kelicikan ini, bukti resi saja tidaklah cukup. Resi bisa dipalsukan. Tugas kamu adalah untuk membuktikan bahwa barang pesanan benar-benar dikirim. Kamu bisa mengecek status pengiriman barang menggunakan nomor resi paket tersebut. Apabila nomor resi itu valid, lalu nama dan alamat penerima juga sesuai, artinya barang benar-benar dikirim ke alamat pembeli.

Akan tetapi jika steelah dicek bahwa tidak ada informasi dari resi tersebut, maka kemungkinannya ada dua. Bisa karena belum update di sistemnya, atau bisa pula karena nomor resi yang dimasukkan tidak valid.

Setiap ekspedisi seperti halnya Sentral Cargo punya web resmi untuk mengecek status pengiriman. Kamu bisa mengecek di web resmi sentralcargo.co.id. Jika nomor resi yang dkirimkan asli, maka akan muncul status pengiriman barang tersebut. Sementara jika tidak muncul status pengiriman, bisa jadi nomor resi itu palsu atau ada kesalahan saat menginput nomor resi.

Maraknya penipuan dalam dunia jual beli online memndatangkan ketakutan di masyarakat untuk membeli barang secara online. Kabar baiknya, ada sistem cash on delivery atau COD membuat transaksi makin mudah. meskipun kamu membeli barang dengan nominal yang kecil, tetapi pembayarannya juga bisa COD. Dengan sistem COD, kamu bisa berbelanja seperti belanja online pada umumnya, namun pembayaran langsung dilakukan ke kurir.

Jadi, lebih berhati-hatilah dalam berbelanja secara online, sebab kejahatan begitu mudah terjadi. Selalu bijak dan cermat untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan resi asli.

Recommended For You

About the Author: Toto Puspoyudo